Produk UMKM Koltim Tampil di WFSD

  • Jun 25, 2024
  • Hasrul

Produk Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang merupakan produk UMKM binaan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Koltim, tampil di hari Kemanan Pangan Dunia, yang dipusatkan di Surabaya Jawa Timur har ini, Jumat (21/6/2024).

Dikegiatan yang bernama Word Food Safety Day (WFSD) ini kata Kadis Ketapang Koltim Dr Idarwati, Koltim menampilkan berbagai aneka pangan segar khas Koltim.

Seperti dilansir WHO dan FAO juga BSN, tema peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2024 adalah 'Food safety: prepare for the unexpected' atau yang artinya 'Keamanan pangan: kesiapsiagaan untuk kondisi yang tidak terduga'. Tema ini menggarisbawahi pentingnya bersiap menghadapi insiden keamanan pangan, tidak peduli seberapa ringan atau parahnya insiden tersebut.

Insiden keamanan pangan adalah situasi di mana terdapat potensi atau risiko kesehatan yang telah dikonfirmasi terkait dengan konsumsi makanan. Insiden makanan dapat terjadi, misalnya, karena kecelakaan, kontrol yang tidak memadai, penipuan makanan, atau peristiwa alam. Meskipun kesiapan untuk menangani insiden keamanan pangan membutuhkan upaya khusus dari pembuat kebijakan, otoritas keamanan pangan, petani dan pelaku usaha pangan, konsumen juga dapat berperan aktif.

Kampanye ini akan mengeksplorasi isu-isu seputar insiden keamanan pangan yang tidak terduga yang dapat terjadi bahkan ketika kita semua telah memainkan peran kita untuk menjaga keamanan pangan. Insiden semacam itu bisa sesederhana pemadaman listrik di rumah dan tantangan berikutnya dalam menyimpan makanan dengan aman.

Di sisi lain, peringatan keamanan pangan internasional melibatkan kontaminasi atau potensi kontaminasi dalam pasokan makanan, yang sumbernya harus diidentifikasi secepat mungkin untuk mencegah wabah penyakit. Dalam situasi seperti itu, pengumpulan data dan pertukaran informasi yang cepat lintas batas dan sektor membantu mencegah penyebaran penyakit bawaan makanan.